Kalah 1-2, Indonesia Dapat Pelajaran Penting dari Thailand

Olahraga | Selasa, 10 Juli 2018 - 16:15:58 WIB

Kalah 1-2, Indonesia Dapat Pelajaran Penting dari Thailand

Kekalahan dari Thailand harus jadi pelajaran penting bagi Timnas U-19. (Dipta Wahyu/Jawa Pos)

Kepastian Tim Nasional (Timnas) U-19 lolos ke semifinal Piala AFF U-19 2018 terasa hambar. Penyebabnya tak lain karena anak asuh Indra Sjafri gagal menyempurnakan penampilan apik mereka di fase grup. Pada laga pamungkas Grup A lawan Thailand, Senin (9/7) malam, Garuda Nusantara tumbang dengan skor tipis 1-2 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo.

Kekalahan ini membuat Indonesia hanya finis di peringkat kedua Grup A. Saddil Ramdani dan kolega mendapatkan 12 poin dari 5 laga. Sementara Thailand menjadi pemuncak Grup A dengan 13 poin. Thailand belum pernah kalah sepanjang fase grup Piala AFF U-19.

Babak Pertama

Indonesia dan Thailand sama-sama tampil agresif pada awal babak pertama. Bermain dengan skema 4-4-2, Thailand melakukan banyak umpan-umpan terobosan yang membahayakan gawang Indonesia. Peluang on target pertama dilancarkan kapten Thailand, Sittichok Paso. Akan tetapi tembakan jarak jauhnya bisa ditepis kiper Aqil Savik.

Indonesia lebih banyak tertekan selepas menit ke-10. Thailand cukup leluasa mengobrak-abrik pertahanan Indonesia. Sementara itu, jarak antara lini tengah dan depan yang lebar membuat Indonesia kesulitan membangun serangan. Transisi yang lambat juga menghambat Indonesis untuk menyerang.

Keteledoran David Rumakiek hampir membuat gawang Indonesia bobol pada menit ke-27. Beruntung tendangan on target Nakin Wisetchat berhasil digagalkan kiper Aqil Savik. Rusuk kiri lagi-lagi menjadi titik lemah Indonesia. Lubang itu dimanfaatkan Matee Sarakum untuk menembak pada menit ke-33. Tetapi bola digagalkan Aqil Savik.

Matee Sarakum lagi-lagi mengancam gawang Indonesia pada menit ke-39. Permainan satu-dua Thailand membawa Sarakum hingga ke muka gawang Indonesia. Namun sepakan terarahnya sukses ditahan kiper Aqil Savik.

Setelah bertahan hampir satu babak, gawang Indonesia akhirnya jebol lewat sepakan jarak jauh Nattawut Chootiwat menit ke-41. Thailand unggul 1-0 hingga turun minum.

Babak Kedua

Paruh kedua baru memasuki menit ke-47, gawang Indonesia langsung terancam oleh tendangan keras Matee Sarakum. Indonesia masih mujur karena bola sukses ditepis Aqil Savik.

Namun, Thailand akhirnya memperbesar skor menjadi 2-0 setelah Sarakum menjebol gawang Indonesia pada menit ke-50. Sarakum sukses memaksimalkan assist Wisetchat.

Gol kedua Thailand ini seperti membangkitkan permainan Garuda Nusantara yang selama babak pertama seperti tak ada gairah. Indonesia pun bermain lebih rancak pada babak kedua. Mereka berani keluar dari tekanan dan memberikan tekanan balik ke Thailand. 

Laga memasuki menit ke-66 ketika Indonesia memperoleh peluang terbaiknya dari kaki Saddil Ramdani. Akan tetapi tendangan kaki kiri pemain Persela Lamongan itu melambung tipis di atas mistar. Saddil melepaskan tembakan on target pertama bagi Indonesia pada menit ke-67. Sayang bola mengarah tepat ke tangkapan penjaga gawang Thailand, Nopphon Lakhonphon.

Sebuah aksi individu Witan Sulaeman berhasil membawanya menerobos masuk ke pertahanan Thailand pada menit ke-73. Sayang finishing-nya tak sempurna. Bola masih melambung di atas mistar.

Begitu pula dengan eksekusi tendangan bebas yang sangat cantik dilakukan Saddil menit ke-76. Sayang arah bola melenceng tipis di kiri gawang.

Indonesia memperkecil kedudukan menjadi 1-2 melalui gol Rifad Marasabessy pada menit ke-84. Rifad memaksimalkan bola muntah sepakan Todd Ferre yang gagal ditangkap kiper Lakhonphon.

Saddil hampir mencetak gol menit ke-87. Akan tetapi tendangan mendatarnya digagalkan Lakhonphon yang bermain cukup bagus dan tangkas. Selain menggagalkan peluang Saddil, ia juga berhasil meredam tendangan on target Todd Ferre pada menit ke-90.

Hasil akhir, Indonesia dipaksa takluk 1-2 oleh Thailand. Kekalahan ini mejadi pelajaran penting bagi skuad Garuda Nusantara untuk menghadapi laga di semifinal nanti. 

Thailand 2-1 Indonesia
( Nattawut 41', Sarakum 50' - Rifad 84')

Susunan Pemain Indonesia vs Thailand:

Indonesia: 30-Aqil Savik, 2-Kadek Raditya Maheswara, 5-Nurhidayat Haji Haris, 12-Rifad Marasabessy, 29-David Rumakiek, 17-Syahrian Abimanyu, 7-Lutfi Kamal, 24-Todd Ferre, 15-Saddil Ramdani, 19-Hanis Saghara (9-Rafli Mursalim, 70'), 27-Aji Kusuma (8-Witan Sulaeman, 46')
Pelatih: Indra Sjafri

Thailand: 1-Nopphon Lakhonphon, 2-Nakin Wisetchat, 6-Kittitach Praniti, 15-Sampen Kesi (11-Sakunchai Saengthopho, 67'), 20-Anusak Jaiphet, 7-Nattawut Chootiwat, 17-Kritsana Daokrajai, 19-Thirapak Prueangna, 9-Matee Sarakum (12-Korawich Tasa, 67'), 10-Suphanat Mueanta (22-Yuthapichai Lertium 57'), 8-Sittichok Paso(c)
Pelatih: Itshara Sritharo

Wasit: Clifford Daypuyat (Filipina)

(saf/JPC)

 

0 Komentar

Tulis Komentar

Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu. Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.

Komentar Facebook


Jadwal Shalat

Twitter Feed