Tujuh Instansi Dilibatkan dalam Tim Verifikasi

Politik | Kamis, 12 Juli 2018 - 09:10:10 WIB

Tujuh Instansi Dilibatkan dalam Tim Verifikasi

VERIFIKASI: KPU Kotim memeriksa kelengkapan berkas bakal calon anggota DPRD Kotim.

SAMPIT - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) akan melibatkan tujuh instansi untuk menjadi tim verifikasi terhadap syarat pencalonan dan syarat bakal calon anggota DPRD Kotim. Tim akan melakukan verifikasi berkas bakal calon legislatif (bacaleg) tersebut. Perwakilan dari tujuh instansi itu akan mengecek keabsahan dan kebenaran dokumen, sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Menurut Ketua KPU Kotim Siti Fathonah Purnaningsih, tujuh instansi yang dilibatkan adalah Pengadilan Negeri (PN), Kepolisian Resort (Polres), RSUD dr Murjani, Dinas Pendidikan (Dididik), Kantor Kementerian Agama (Kemenag), Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), serta Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kotim.

Pengadilan Negeri Sampit akan memverifikasi surat keterangan tidak pernah dipidana dan atau tidak sedang sebagai terpidana. Polres Kotim akan memeriksa Surat Keterangan Catatan  Kepolisian (SKCK). RSUD Murjani akan mengecek surat keterangan sehat jasmani dan rohani, serta penyalahgunaan narkotika. Kemudian, Disdik dan Kemenag Kotim akan memeriksa keabsahan ijazah.

Selanjutnya, Disdukcapil akan memverifikasi Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-E) dan dokumen terkait lainnya. Sementara, BKD akan memeriksa dokumen-dokumen persyaratan pencalonan dan bakal calon yang berkaitan dengan status profesi mereka, seperti mantan Aparatur Sipil Negara (ASN) dan pegawai lainnya yang dibiayai melalui APBN dan atau APBD. Surat pengunduran diri mereka yang akan diperiksa keabsahannya.

Untuk diketahui, sesuai tahapan, verifikasi administrasi daftar calon sudah berjalan sejak 5 Juli, dan akan berakhir pada 18 Juli 2018. Verifikasi dilakukan setiap ada berkas pendaftaran yang masuk ke KPU.

Hasil verifikasi akan diumumkan kepada parpol peserta pemilu pada 19 - 21 Juli 2018. Selanjutnya, ada masa perbaikan daftar calon dan syarat anggota, serta pengajuan bakal calon pengganti, yaitu pada 22 - 31 Juli 2018.

Tahapan berikutnya adalah verifikasi terhadap perbaikan daftar calon dan syarat calon, yaitu mulai dari tanggal 1 Agustus hingga 7 Agustus 2018. Setelah itu baru penyusunan dan penetapan daftar calon sementara (DCS) pada 8 - 12 Agustus 2018.

Masih ada proses cukup panjang hingga nantinya ditetapkan menjadi daftar calon tetap (DCT). Diantaranya; pengumuman DCS, masukan dan tanggapan masyarakat, permintaan klarifikasi kepada parpol atas tanggapan dan masukan tadi, penyampaian klarifikasi dari parpol, dan pemberitahuan pengganti DCS.

Usai pemberitahuan, kemudian pengajuan penggantian bakal calon, verifikasi DCS, dan baru penyusunan dan penetapan DCT. Terakhir baru DCT itu diumumkan, yaitu antara tanggal 21 hingga 23 September 2018. (rm-90/yit)

0 Komentar

Tulis Komentar

Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu. Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.

Komentar Facebook


Jadwal Shalat

Twitter Feed