Jangan Tunda Perekaman KTP-el 

Radar Palangkaraya | Kamis, 12 Juli 2018 - 09:44:22 WIB

Jangan Tunda Perekaman KTP-el 

UNDANGAN: Wakil Ketua DPRD Kabupaten Gumas Punding S Merang (kiri) mendampingi Bupati Arton S Dohong (tengah), dan Ketua TP-PKK Apristini Arton S Dohong (kanan), ketika menghadiri suatu kegiatan di Kecamatan Rungan, belum lama ini.

KUALA KURUN – Bagi masyarakat yang sudah genap berusia 17 tahun atau sudah menikah namun belum melakukan perekaman kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el), diminta untuk segera lakukan perekaman di Kantor Kecamatan atau Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Gunung Mas (Gumas).

”Segera lakukan perekaman. Jangan lagi menunda-nunda, karena perekaman KTP-el sangat penting dan bermanfaat bagi diri masing-masing,” ucap Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gumas Punding S Merang kepada Radar Sampit, Rabu (11/8) siang.

Menurut dia, perekaman KTP-el harus dilakukan oleh masyarakat yang telah genap berusia 17 tahun atau sudah menikah. Pasalnya, kepemilikan KTP-el sangat penting bagi masing-masing penduduk, karena digunakan untuk memudahkan akses dan pelayanan berbagai program dari pemerintah.

”Semua pelayanan publik pastinya memerlukan KTP-el. Untuk itu, keberadaannya sangat diperlukan oleh masyarakat,” tutur Politikus Partai Golongan Karya (Golkar) ini.

Legislator yang berasal dari daerah pemilihan (Dapil) II mencakup Kecamatan Rungan Hulu, Rungan, Rungan Barat, Manuhing dan Manuhing Raya ini mengatakan, dengan kepemilikan KTP-el ini, juga akan menjamin hak pilih masyarakat dalam pelaksanaan Pemilihan Legislatif (Pileg) serta Pemilihan Presiden (Pilpres) tahun 2019 mendatang.

”Perekaman KTP-el harus dilakukan, agar kita dapat menggunakan hak pilih pada pileg dan pilpres mendatang,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Gumas Barthel melalui Kabid Pendaftaran Penduduk Iskandar JK menuturkan, saat ini masih ada tersedia 8.000 lebih blanko KTP-el. Masyarakat pun diajak untuk aktif melakukan perekaman, karena tidak dipungut biaya alias gratis.

”Memang dalam melakukan perekaman KTP-el, terkadang masih ada sejumlah kendala. Salah satu yang cukup menghambat yakni permasalahan jaringan internet. Ini yang terus kita atasi, untuk memberikan rasa nyaman kepada masyarakat,” tukasnya. (arm/yit)

0 Komentar

Tulis Komentar

Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu. Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.

Komentar Facebook


Jadwal Shalat

Twitter Feed