Diramaikan Tokoh, Dikawal Ketat Aparat

Ada Penilaian Sepeda dan Kostum Terunik

Metropolis | Sabtu, 04 Agustus 2018 - 09:31:10 WIB

 Ada Penilaian Sepeda dan Kostum Terunik

TERUS MENGALIR: Hadiah Gowes Kemerdekaan berupa sepeda gunung persembahan dari Parimus siap diperebutkan besok (4/8). Foto lainnya bisa disimak di halaman 13.(RADAR SAMPIT)

SAMPIT Gowes Kemerdekaan 2018 akan sangat meriah. Pasalnya, peserta tak hanya dituntut menyelesaikan gowes sampai garis finish, namun juga bakal ada penilaian sepeda dan kostum terunik yang akan dinilai secara khusus oleh Bupati Kotawaringin Timur Supian Hadi.

”Pokoknya nanti pak Bupati akan menilai satu peserta yang sepeda, kostum atau penampilannya menarik. Akan ada hadiah khusus,” kata Ketua Panitia Gowes Kemerdekaan 2018 Tono Triyanto, Jumat (3/8).

Panitia mempersilakan peserta Gowes Kemerdekaan menghias sepeda semenarik mungkin. Tentunya dengan  tema merah putih. ”Bagaimana menariknya terserah peserta. Yang penting tema kemerdekaan,” katanya.

Hal tersebut dimaksud agar iring-iringan goweser, terutama di kelas fun bike akan lebih menarik dan semarak, sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat yang menyaksikan di rute Gowes Kemerdekaan 2018.

Hingga hari ini (4/8), pendaftaran Gowes Kemerdekaan 2018 masih dibuka. Baik kelas fun bike maupun adventure.

”Masih terus kami buka, yang belum daftar silakan segera daftar. Setiap pendaftar nanti akan mendapat kupon yang nantinya akan diundi setelah finish,” imbuh Tono.

Ada dua kelas dalam Gowes Kemerdekaan ini, yakni adventure dan fun bike. Adapun rute antara kelas adventure dan fun bike ditentukan berbeda, namun start dan finish tetap di Taman Kota Sampit.

Rute fun bike akan menyusuri Jalan Ahmad Yani, Tjilik Riwut, Jalan Desmon Ali, dan kawasan pinggir Sungai Baamang I, hingga berakhir di Taman Kota Sampit.

Rute nantinya juga akan melintasi kawasan patung jelawat. Peserta bisa istirahat sejenak apabila kelelahan, sekaligus menikmati keindahan kawasan itu.Untuk kelas adventure, akan menyusuri Jalan Metro TV dan menembus jalan setapak menuju Jalan HM Arsyad Km 9.  

Dalam Gowes Kemerdekaan 2018 yang dilaksanakan di Taman Kota Sampit 5 Agustus itu, dimulai pukul 06.00.  Radar Sampit bersama Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Kotim. bertekad menyukseskan event yang menjadi salah satu rangkaian peringatan kemerdekaan Republik Indonesia tersebut.

”Biaya pendaftaran hanya sebesar Rp 30 ribu. Setiap pendaftar akan mendapat jersey, koran, dan kupon. Bagi pendaftar bisa langsung ke Kantor Radar Sampit Jalan MT Haryono. Bagi yang dari luar daerah, bisa menghubungi nomor telepon 082153674503,”  kata Tono.

Sementara itu, hadiah hiburan dari para sponsor dan pendukung event terus  ”mengalir” deras, kemarin (3/8).   Di antaranya yakni:  PT Sarmiento Parakantja Timber , Wakil Ketua DPRD Kotim Parimus, Bapak Abeng (Anton Al Sudani)  dan Indofood mempersembahkan hadiah untuk peserta Gowes Kemerdekaan.

Penyelenggaraan Gowes Kemerdekaan ini juga didukung penuh Pemkab Kotim dan Komite  Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kotim. Bupati Kotim Supian Hadi ingin event ini spektakuler, apalagi bertepatan dengan momentum peringatan hari kemerdekaan Indonesia.

Diramaikan Tokoh

Event gowes juga menarik minat dua mantan bupati. Mantan bupati Kotim Wahyudi K Anwar dan mantan bupati Seruyan Sudarsono, bakal ikut event tersebut. Selain itu, Sekda Seruyan Haryono juga menyatakan siap turun dengan 30 orang pecinta gowes Seruyan.

”Dalam rangka memeriahkan HUT RI yang dilaksanakan Radar Sampit, kami ikut gowes hari Minggu. Rombongan dari Seruyan 30 orang lebih,” katanya.

Sementara itu, Wahyudi juga memastikan ikut bersama komunitas ontel Sampit dengan kostum unik, dengan tetap mengenakan kaus yang disediakan panitia.

Gowes Kemerdekaan digadang-gadang bakal jadi event akbar pecinta gowes. Apalagi atlet sepeda dari Jawa juga bakal meramaikan tersebut. Di sisi lain, kegiatan itu juga jadi ajang mencari bibit atlet sepeda berbakat di Kotim.

Ketua Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Kotim Iksan sebelumnya mengharapkan pencinta sepeda, baik tua maupun muda, ambil bagian dalam kegiatan tersebut. Apalagi ada dua kategori, yakni fun bike untuk semua kalangan dan adventure. Kategori adventure bisa dimanfaatkan untuk menjaring bakat atlet sepeda Kotim.

”Saya sudah komunikasikan dengan rekan pencinta sepeda di kabupaten tetangga. Mereka siap mengikuti event Gowes Kemerdekaan ini. Bahkan, ada beberapa atlet sepeda dari Jawa juga akan turut serta,” kata Iksan, beberapa waktu lalu.

Dikawal Aparat

Para pesepeda nantinya akan dikawal aparat kepolisian. Kapolres Kotim AKBP Mohammad Rommel mengatakan, pihaknya akan menurunkan puluhan personel untuk mengamankan acara tersebut. Pihaknya juga akan ikut memeriahkan acara tersebut.

”Kami siap mengamankan hingga menyukseskan Gowes Kemerdekaan. Kami juga akan menurunkan 45 personel Polres Kotim untuk mengamankan dalam acara tersebut,” katanya

Personel yang akan diturunkan nanti mulai dari Satlantas, Sabhara, gabungan personel staf, Polsek Ketapang, Polsek Baamang, hingga Polsek KPM. ”Semoga dengan Gowes Kemerdekaan nanti berjalan sesuai harapan. Semoga masyarakat yang ikut atau mendaftar mendapat keberuntungan dari hadiah yang sudah disiapkan,” tandasnya. (oes/sir/ign)

 

0 Komentar

Tulis Komentar

Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu. Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.

Komentar Facebook