PT Irvan Prima Pratama Bantu Alat Damkar

Radar Pangkalan Bun | Jumat, 10 Agustus 2018 - 07:01:47 WIB

PT Irvan Prima Pratama Bantu Alat Damkar

PENYERAHAN : Penyerahan lima unit mesin pemadam kebakaran yang dilakukan PT Irvan Prima Pratama kepada Kepala BPBD Kobar, di kantor BPBD, Kamis (9/8). Dilanjutkan Foto bersama antara tim BPBD dengan perwakilan PT Irvan Prima Pratama.(SYAMSUDIN/RADAR PANGKALAN BUN)

PANGKALAN BUN- Masih minimnya peralatan pemadam kebakaran ketika terjadi kebakaran lahan dan hutan menjadi salah satu kendala yang dialami tim dilapangan. Persoalan ini menjadi perhatian tersendiri bagi PT Irvan Prima Pratama untuk memberikan bantuan berupa mesin pemadan kebakaran (Damkar) kepada Pemkab Kotawaringin Barat (Kobar) melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Sedikitnya ada lima unit mesin untuk pemadam kebakaran yang disumbangkan perusahaan bergerak di bidang pertambangan ini.

”Kita berikan bantuan sebanyak lima unit mesin, lima selang, pipa penyedot, lima nozel untuk membantu keperluan pemadaman api ketika terjadi kebakaran lahan atau hutan,” ungkap Humas PT Irvan Prima Pratama Ismail, saat penyerahan berlangsung di kantor BPBD Kobar Kamis (9/8).

Menurut Ismail, bantuan tersebut merupakan kepedulian perusahaan terhadap situasi yang terjadi di daerah. Karena sudah diketahui dampak dari kabut asap sangat luar biasa baik bagi kesehatan maupun bagi dunia penerbangan yang berimbas pada perekonomian masyarakat.

Pihaknya menyadari begitu pentingnya alat damkar ini sehingga memandang perlu untuk memberikan bantuan tersebut. Karena pihak perusahaan ini juga berprinsip selain menjalankan usaha juga harus peka terhadap lingkungan sehingga bisa terjaga keseimbangan dalam dunia usaha dengan masyarakat serta dapat bersinergi dengan pemerintah.     

Kepala BPBD Kobar Hermon F Lion yang menerima secara langsung bantuan tersebut sangat mengapresiasi kepedulian pihak PT Irvan Prima Pratama. Karena selama ini memang yang menjadi kendala salah satunya adalah kurangnya peralatan ketika terjadi kebakaran.

”Ini luar biasa sekali, karena sekaligus dibantu sebayak lima unit, dan daya semprotnya ini bisa mencapai 30 meter, ini luar biasa sekali dan harapan kita bisa menjadi contoh bagi perusahaan lain,”ungkap Hermon yang sebentar lagi akan berpindah tugas menjadi Kepala Dinas Perhubungan Kobar ini.

Ucapan terimakasih disampaikan kepada PT Irvan, karena telah membantu pemkab Kobar.  Untuk diketahui, kendala selama ini dalam pemadaman kebakaran lahan atau hutan yakni ada dua yang pertama kendala personel yang masih kurang dari sisi jumlah, kemudian yang kedua kendala peralatan.  

”Bantuan ini besar sekali, ini akan kita tinda klanjuti ke relawan baik dari instansi pemerintah maupun relawan dari masyarakat. Karena di lapangan itu tergabung bekerja sama,”tuturnya. (sam/oes)

0 Komentar

Tulis Komentar

Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu. Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.

Komentar Facebook